Macam-Macam Ruh

Ruh itu ada 3 mcam, yaitu:

  1. Ruh sulthaniyah, tempatnya ada di dalam hati.
  2. Ruh ruhaniyah, ada di dalam dada.
  3. Ruh jasmaniyah, berada di antara daging dan darah, dan diantara tulang dan urat.

Jika ditanyakan, “Ketika seorang hamba tidur keluarkah ruhnya atau tidak?” Jika ada yang menjawab, “Ya, keluar.” Maka salahlah dia. Tetapi jika orang menjawab, “Tidak.” maka diapun salah.

Sedangkan jawaban yang benar adalah bahwa ketika seorang hamba tidur maka keluarlah ruh jasmaniah bersama akal da berjalan di antara langit dan bumi. Jika akal memang menyertainya maka dia aka melihat apa yang dilihatnya dalam mimpi. Tetapi jika tidak disertai dengan akal maka dia melihat apa yang dilihatnya tetapi dia tidak dapat memahami.

Jika ditanyakan, “Apakah perbedaan antara ruh dan rawan?” maka jawabannya ialah, “Rh itu tidak pergi dan datang, sedang rawan selalu pergi dan datang. Jika rawanitu pergi maka tidurlah seorang hamba, tetapi jika ruh hilang matilah seorang hamba. (Jadi rawan ruh yaqadhah sedang ruh itu ruh hayat, atau tidak resmi dan resmi). Lalu perumpamaan iman berada di antara ruh dan tubuh adalah seperti matahari berada di antara langit dan bumi. Ketika seorang mati pergilah Laa ilaaha illallaah bersama ruhnya dan tinggallah Muhammadun Rasulullah bersama tubuhnya, dan ketika keduanya berkumpullah jadilah keimanan.”

 

Sumber: Durrotun Nasihin