Khasiat Membaca Shalawat Untuk Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad

Sebagai umat muslim, hendaklah membiasakan diri untuk membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad, maka akan mendapat banyak sekali keutamaan, hikmah, fadhillah, dan manfaat.

Dalam setiap hari, biasakanlah membaca shalawat, baik itu setelah melakukan shalat (baik fardhu maupun sunnah), ketika duduk, sebelum tidur, dan lain sebagainya.

Dari Abdur Rahman bin Auf, dari Nabi Muhammad saw, beliau bersabda, “Jibril datang kepadaku dan berkata, ‘Ya Muhammad, tidaklah seseorang membaca shalawat kepadamu kecuali 70 ribu malaikat akan membacakan shalawat kepadanya. Dan barang siapa yang dibacakan shalawat oleh malaikat dia termasuk penghuni surga.”

Diriwayatkan dari Hasan aAl Bashri, dia berkata, “Aku pernah bermimpi melihat Abu Ishmah dalam tidurku. Aku bertanya, ‘Hai Abu Ishmah, apakah yang telah diperbuat Allah kepadamu?’ dia menjawab, ‘Dia telah mengampuniku.’ Aku bertanya lagi, ‘Dengan sebab apa?’ dia menjawab, ‘Aku tidak menyebutkan sebuah hadis kecuali aku akan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw.”

Dari Nabi Muhammad, beliau bersabda, “Jibril, Mika’il, Israfil dan Izra’il alaihimus salam. Berkatalah Jibril, ‘Ya Rasulullah, barang siapa yang membaca shalawat kepadamu setiap hari sepuluh kali, aku akan membimbing tangannya dan aku lewatkan di atas Shirath sepertiklat yang menyambar.’ Mika’il pun berkata, ‘Aku akan memberinya minum dari telagamu.’ Israfil berkata, ‘Aku akan bersujud kepada Allah dan tidak akan mengangkat kepalaku sehingga Allah mengampuninya.’ Dan Izra’il berkata, ‘Aku akan mencabut ruhnya sebagaimana aku mencabut ruh para Nabi.”

 

Sumber: Durrotun Nasihin