Khasiat Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad

Shalawat itu merupakan sebuah ungkapan salam dan doa yang dibaca untuk kesejahteraan Nabi Muhammad. Banyak sekali jenis dan nama bacaan shalawat, seperti shalawat Nariyah, dan lain sebagainya.

Sebagai umat islam, biasakanlah untuk membaca shalawat setiap hari, karena shalawat inimemiliki banyak khasiat dan manfaat.

Nabi Muhammad bersabda, “Sesungguhnya Allah swt memiliki para malaikat yang selalu menjelajah (berjalan) di permukaan bumi. Mereka menyampaikan salam ini dari umatku kepadaku. Maka apabila seorang dari ummatku membaca shalawat kepadaku seratus kali sehari, maka Allah akan memenuhi seratus macam hajat untuknya. 70 hajat di akhirat dan 10 hajat di dunia.”

Seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad saw dan bertanya, “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku akan memperbanyak bacaan shalawat kepadamu. Berapakah aku harus menjadikan shalawatku untukmu?”

Beliau bersabda, “Sesukamu.” Laki-laki itu berkata, “Seperempat?” beliau bersabda, “Sesukamu, tetapi jika engkau menambah lebih banyak lagi maka hal itu lebih baik bagimu.” Laki-laki itu berkata, “Setengah?” beliau bersabda, “Sesukamu, tetapi jika engkau menambah lebih banyak lagimaka hal itu akan lebih baik bagimu.”

Laki-laki itu berkata, “Dua pertiga?” beliau bersabda, “Sesukamu, tetapi jika engkau menambah lebih banyak lagi maka hal itu akan lebih baik bagimu.” Laki-laki itu berkata, “Ya Rasulullah, lalu jika aku jadikan shalawatku seluruhnya untukmu?” beliau bersabda, “Jika demikian kesusahanmu dihilangkan dan dosamu diampuni.” (artinya seluruh hidupnya dicurahkan untuk membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw)

 

Sumber: Durrotun Nasihin