Balasan Bagi Orang Yang Selalu Membaca Al Qur’an

Al Qur'an

Setiap umat muslim hendaklah selalu membiasakan diri untuk membaca Al Qur’an setiap harinya, karena fadhillah dan manfaatnya yang sangat besar sekali.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa dia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengharapkan pertemuan dengan Allah, maka hendaklah dia memuliakan keluarga Allah.”

Ditanyakan kepada beliau, “Apakah Allah Azza wa Jalla memiliki keluarga?” beliau bersabda, “Ya.” Ditanyakan lagi, “Siapakah mereka itu, ya Rasulullah?”

Beliau bersabda, “Keluarga Allah di dunia adalah orang-orang yang membaca Al Qur’an. Ingat, barang siapa yang memuliakan mereka maka Allah akan memuliakan orang itu dan memberinya surga. Dan barang siapa yang menghina mereka maka Allah pun akan menghinakan orang itu dan memasukkannya ke dalam neraka. Hai Abu Hurairah, tiada seorangpun di sisi Allah yang lebih mulia daripada orang yang hafal Al Qur’an. Ingat, sesungguhnya orang yang hafal Al Qur’an adalah lebih mulia di sisi Allah daripada siapapun, kecuali para Nabi.”

Dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Muhammad pernh bersabda pada suatu hari, “Maukah engkau aku beritahukan orang yang paling mulia di antara ummatku pada hari kiamat?” para sahabat berkata, “Ya, ya Rasulullah.”

Beliau bersabda, “Yaitu orang-orang yang selalu membaca Al Qur’an. Apabila datang hari kiamat Allah berfirman, ‘Hai Jibril, serulah: Ingat, orang-orang yang selalu membaca Al Qur’an, hendaklah mereka berdiri.’

Diserukanlah untuk kedua dan ketiga kalinya. Berdirilah mereka menjadi beberapa barisan di hadapan Tuhan yang Maha Pengasih. Tidak ada seorangpun yang berani berbicaar dari mereka sehingga berdirilah Nabi Allah Dawud as.

Berfirmanlah Allah swt, ‘Bacalah dan keraskanlah suara-suaramu.’ Mereka pun membaca sesuai firman Allah yang diilhamkan kepada msing-masing. Setiap orang yang membaca diangkatlah beberapa derajat untuknya. Setiap orang yang membaca dengan suaranya yang bagus, dengan agunya, khusyu’nya, renungannya serta tafakkurnya.

Kemudian Allah berfirman, ‘Hai keluarga-Ku, apakah engkau masih mengenali orang-orang yang pernah berbuat baik kepada kamu ketika di dunia?’ mereka menjawab, ‘Ya, ya Tuhan kami.’ Berfirmanlah Allah swt, ‘Pergilah ke padang Mahsyar, maka setiap orang yang kamu mengenalnya dapat masuk surga bersama kamu.’

 

Sumber: Durrotun Nasihin