Membaca Shalawat Untuk Nabi Muhammad

Setiap umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw, karena beliau adalah makhluk Allah yang paling mulia dan paling dicintai Allah. apabila kita membaca shalawat untuk beliau, maka kita akan mendapatkan syafaatnya.

Nabi Muhammad diutus untuk menyempurnakan ajaran Allah yang dibawa oleh Nabi dan Rasul sebelumnya, dan merupakan Nabi dan Rasul terakhir, tidak akan ada lagi Nabi dan Rasul setelahnya.

Membaca shalawat bisa dilakukan kapan sajan, baik sang ataupun malam, pagi atau sore, dan setelah melaksanakan shalat wajib.

Dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku sekali, yaitu seperti, ‘Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad’ (Ya Allah Tuhanku berilah kepada Nabi Muhammad kemuliaan dan kehormatan yang Engkau berikan kepadanya), maka Allah akan membacakan shalawat kepadanya sepuluh kali. Shalawat dari Allah kepada hamba adalah rahmat kepadanya. Dan dihapuslah darinya sepuluh macam kesalahan dan diangkat baginya 10 macam derajat.”

Dari Abu Hurairah dan Ammar bin Yasir, dari Nabi Muhammad, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah swt telah menciptakan malaikat dan membrinya pendengaran semua makhluk. Sedang malaikat itu akan berdiri di kuburku sampai hari kiamat. tidak seorangpun dari ummatku yang membaca shalawat kepadaku kecuali malaikat itu akan menyebutkan namanya dan nama ayahnya. Berkatalah malaikat itu, ‘Ya Muhammad, Fulan bin Fulan telah membacakan shalawat kepadamu.”