Keutamaan Shalat Sunnah Fajar

Shalat fajar atau shalat qabliyah subuh (shalat sunat sebelum shalat subuh) merupakan sebuah hal yang luar biasa dan memiliki keutamaan yang dahsyat.

Nabi Muhammad bersabda, “Dua rakaat fajar adalah lebih baik daripada dunia dan apa saja yang di dalamnya.”

Jika ada yang bertanya, “Mengapa pahala sebesar itu diberikan untuk perbuatan yang ringan lagi sedikit itu?”

Maka Jawabannya, “Bukankah kalian telah mendengar cerita Imam Syafi’i rahimahullah. diceritakan bahwa suatu saat tongkat Imam Syafi’i terjatuh dari tangannya. Buru-buru seseorang mengambilnya dan memberikannya kepada Imam Syafi’i. Maka Imam Syafi’i menyerhkan sebuah kantong uang kepada orang itu yang di dalamnya terdapat jumlah yang banyak.

Ditanyakanlah kepada beliau, ‘Mengapa uang yang besarini engkau berikan untuk perbuatan yang sepele saja?’

Imam Syafi’imenjawab, “Dia telah berbuat kepada kita dengan seluruh kemampuannya, sedang kita hanya berbuat sebagian dari kemampuan kita.”

Ini adalah tindakan Imam Syafi’i, lalu bagaimana dengan tindakan Allah seru sekalian alam? Karena Imam Syafi’i pernah meriwayatkan sebuah hadits mengenai hal tersebut dari Rasulullah saw, beliau bersabda, ‘Tuhanku akan menerima dengan sebuah alasan yang diajukan, dua ribu macam dosa besar.’

Lebih-lebih pahala dari takbir pembuka shalat. Nabi Muhammad bersabda, ‘Takbir pertama adalah lebih baik daripada dunia beserta isinya.” Disebutkan bahwa yang dimaksud adalah bahwa seandainya engkau memiliki dunia ini, lalu engkau infakkan dalam jalan Allah swt maka tidaklah engkau dapat berhasil mendapatkan pahala seperti pahala yang berhasil karena takbir pertama.’

 

Sumber: Durrotun Nasihin