Fadhillah Membaca Shalawat

Shalawat Nabi Muhammad

Seseorang yang selalu membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw, istiqamah membacanya setiap hari, dan melakukannya karena kecintaannya kepada Nabi Muhammad, maka dirinya Insya Allah akan  mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad saw.

Banyak sekali dalil atau keterangan yang menjelaskan mengenai manfaat atau fadhillah membaca shalawat ini. Beberpa diantaranya adalah seperti yang di bawah ini:

Dari Al Hasan bin Ali, dia berkata, “Apabila engkau masuk masjid maka bacalah salam untuk Nabi Muhammad saw. Karena Rasulullah saw bersabda, ‘Janganlah kamu jadikan rumahku tempat berhari raya dan janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu sebagai kuburan, dan bacalah shalawat kepadaku di mana saja kamu berada, karena shalawatmu akan sampai kepadaku.’

Dalam hadis Aus dari Nabi Muhammad saw, beliau bersabda, “Perbanyaklah bacaan shalawat kepadaku di hari jumat, karena bacaan shalawatmu dihadapkan kepadaku.”

Dari Salman bin Suhaim, dia berkata, “Aku pernah bermimpi melihat Nabi Muhammad dalam tidur. Berkatalah aku, ‘Ya Rasulullah, orang-orang itu datang kepadamu dan membacakan salam untukmu. Apakah engkau dapat mengetahui salam mereka itu?’ Nabi Muhammad menjawab, ‘Ya, dan akupun membalasnya.”

Dari Ibnu Umar, dari Nabi Muhammad saw, beliau bersabda, “Perbanyaklah bacaan shalawat kepada Nabimu pada hari jumat. Karena sesungguhnya aku akan menyaksikannya dari kamu pada hari jumat.”

Dalam sebuah riwayat, “Karena sesungguhnya seseorang tidaklah membaca shalawat kepadaku kecuali akan ditunjukkan kepadaku bacaan shalawatnya sehingga dia selesai dari bacaan shalawatnya.”

 

Sumber: Durrotun Nasihin