Dosa Meninggalkan Shalat Wajib Lima Waktu

Shalat merupakan salah satu kewajiban yang dibebankan kepada setiap muslim. Jadi apabila tidak mengerjakan shalat, maka orang itu akan berdosa.

Shalat itu ada yag wajib dan ada yang sunah. Shalat wajib itu ada 4 kali dalam sehari, dan jumlah rakaat totalnya adalah 17 rakaat. Shalat wajib itu yaitu: Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib da Isya. Sedangkan shalat sunah diantaranya adalah shalat qabla dan ba’da shalat fardhu, shalat tahajjud, shalat dhuha, shalat taubat, shalat gerhana, dan lain sebagainya.

Nabi Muhammad bersabda, “Shalat itu adalah tiang agama. maka barang siapa yang menegakkannya berarti dia benar-benar telah menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkannya berarti dia benar-benar telah merobohkan agama.”

Nabi Muhammad bersabda, “Sesungguhnya kejahatan (bahaya) orang yang meninggalkan shalat menjalar kepada tujuh puluh orang dari keluarga dan tetangganya. Bahkan mulai hari kita ini sampai masa Nabi Adam dahulu. Hal itu tidak lain karena orang yang mengerjakan shalat ketika duduk dalam tasyahhud dia membaca ‘Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaa hish shaalihiin.’ (Artinya keselamatan semoga dilimpahkan kepada kita dan hamba-hamba Allah yang shalih). Maka pahala bacaan itu sampai kepada ruh-ruh orang mukmin sejak hari kita ini sampai kepada ruh orang-orang mukmin sejak hari kita ini sampai waktu Nabi Adam. Sedang orang yang meninggalkan shalat menghalangi semua itu pada mereka. Jadi seakan-akan kejahatannya menimpa semua orang muslim. Seperti firman Allah dalam surat Al Qalam ayat 12, ‘Yang banyak menghalangi perbuatan baik, yang melampaui batas lagi banyak dosa.”

 

Sumber: Durrotun Nasihin