Keutamaan Membaca Shalawat Untuk Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam

Shalawat

Membaca shalawat itu merupakan sebuah perbuatan yang mulia dan sangat dianjurkan sekali oleh ajaran islam. banyak sekali dalil yang menerangkan mengenai keutamaan membaca shalawat ini, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

Dari Anas, dia berkata bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku dengan satu kali shalawt maka Allah memberinya shalawat 10 kali. Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku 10 kali maka Allah akan memberi shalawat kepadanya seratus kali. Dan barang siapa yang membaca shalawat kepadaku 100 kali, Allah menuliskan di antara kedua matanya dua buah kebebasan: kebebasan dari kemunafikan dan kebebasan dari neraka, dan Allah akan menempatkannya di hari kiamat bersama orang-orang mati syahid.”

Rasulullah bersabda, “Tidakkah aku menceritakan kepadamu mengenai orang-orang yang paling kikir diantara orang-orang yang kikir? Tidakkah aku menceritakan kepadamu orang yang paling lemah diantara manusia?” yaitu paling lemah untuk mencari rahmat dan ampunan dengan membacakan shalawat kepada Nabi Muhammad saw ketika disebut nama beliau yang mulia di hadapannya. “Yaitu orang yang ketika disebut-sebut di sisinya, lalu tidak mau membaca shalawat kepadaku.”

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad, kepada semua Nabi dan Rasul, keluarga Nabi Muhammad dan ahli baitnya serta limpahkanlah salam.

Dari hadis di atas dapat diketahui bahwa tidak akan meninggalkan bacaan shalawat kepada Nabi Muhammad setiap disebut namanya, kecuali orang yang lemah dan terhalang dari kebaikan.

Sumber: Durrotun Nasihin