Keajaiban Sedekah

Sedekah yang dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharapkan ridha Allah, akan memberikan keajaiban atau keutamaan yang sangat dahsyat. Banyak sekali kisah hikmah yang berkenaan dengan sedekah, beberapa diantaranya akan diuraikan di bawah ini.

Diceritakan bahwa pada suatu waktu paceklik menimpa kaum Bani Israil. Masuklah seorang fakir di pintu orang kaya. Berkatalah si fakir, “Bersedekahlah dengan sepotong roti, karena Allah swt.”

Lalu puteri orang kaya mengeluarkan sepotong roti kepada si fakir dan memberikannya. Setelah itu datanglah ayahnya, orang kaya itu lalu memotong tangan putrinya.

Akhirnya Allah merubah keadaan orang kaya sehingga habislah hartanya dan jatuh miskin. Dia menjadi fakir dan meninggal dalam kehinaannya. Kemudian putrinya berkeliling menjadi pengemis. Dia seorang gadis yang cantik.

Suatu hari putri yang cantik itu datang ke rumah orang kaya, ibu dari orang kaya itu keluar dan melihat kecantikannya. Dia memasukkan gadis itu ke dalam rumahnya, dan ingin mengawinkannya dengan anaknya.

Setelah dikawinkannya dengan anaknya dia memberikan perhiasan (mendandaninya) dan menghidangkan hidangan malam. Gadis itu mengeluarkan tangannya yang sebelah kiri untuk makan bersama suaminya.

Berkatalah suaminya, “Aku memang sering mendengar bahwa orang fakir kurang berpendidikan, keluarkanlah tanganmu yang sebelah kanan.” Tetapi gadis itu tetap mengeluarkan tangannya yang kiri, suaminya selalu mencegahnya berulang kali.

Terdengarlah suara hatif dari sudut rumah, “Hai hamba perempuan Kami, sungguh engkau telah memberikan roti kepada Kami. Dan suatu hal yang pasti bahwa Kami akan memberikan tanganmu lagi.”

Barulah dia berani mengeluarkan tangan kanannya dengan utuh berkat kekuasaan Allah dan makanlah dia bersama suaminya.

Kemudian juga ada kisah yang lain. diceritakan bahwa kaum Bani Israil dilanda paceklik berat dalam beberapa tahun yang berturut-turut. Ada seorang perempuan yang memiliki sepasang roti, diletakkannya roti itu di dalam mulutnya akan dimakannya. Tetapi tiba-tiba ada seorang peminta-minta memanggil-manggil di depan pintu. “berikanlah sesuap karena Allah.”

Dikeluarkannya sepotong roti itu dari mulutnya dan diberikannya kepda orang minta-minta. Kemudian dia keluar ke padang belantara untuk mencari kayu. Dia mempunyai seorang anak kecil yang dibawanya serta di padang itu datanglah seekor srigala dan menerkamnya serta dibawanya pergi.

Terdengarlah suara teriakan dan si ibu pergi mencari jejak srigala. Lalu Allah mengutus malaikat Jibril mengeluarkan akan itu dari mulut srigala, dan memberikannya kepada ibunya. Jibril berkata, “Hai hamba Allah, puaskan engkau sesuap digantikan dengan sesuap (sesuap roti dengan anakmu).”

Sumber: Durrotun Nasihin