Memuliakan Tetangga

Umat islam diharuskan untuk membina hubungan baik dengan sesamanya. Hal ini dilakukan sesuai dengan syariat islam mengenai hablum minallah, mengingat manusia merupakan makhluk sosial, artinya dia memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tetangga merupakan orang terdekat yang berada di sekitar kita, oleh karena itu kita harus mempunyai hubungan yang baik dengan mereka. Bisa dibayangkan bila kita bermusuhan dengan tetangga, apabila kita mengalami kesulitan maka kita tidak bisa meminta tolong kepada tetangga, dan merasa tersingkirkan dari lingkungan sekitar.

Cara kita untuk membina hubungan dengan tetangga banyak sekali, diantaranya ialah sering berkunjung atau bersilaturahmi, memberikan makanan bila ada kelebihan di rumah kita, dan membantu tetangga bila mereka sedang berada di dalam kesulitan.

Ketika hubungan kita dengan tetangga baik, maka hidup kita akan lebih mudah, karena kita akan merasa dihargai dan merasa memiliki saudara. Serta bila kita menemukan kesulitan hidup, tentunya tetangga akan dengan senang hati membantu kita.

tetangga

Dari Anas bin Malik, dirinya pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Tidak akan lurus keimanan seorang hamba sehingga lurus hatinya, dan tidak akan lurus hatinya sehingga lurus lidahnya. Dan seorang mukmin tidak akan masuk surga sehingga tetangganya selamat dari lidahnya.”

Nabi Muhammad bersabda, “Barang siapa yang memulikan tetangganya wajiblah surga baginya, dan barang siapa yang menyakiti tetangganya maka Allah melaknatnya, malaikat dan manusia seluruhnya.”

Sumber: Durrotun Nasihin