Keutamaan Mengucapkan Salam

Di dalam agama islam disyariatkan agar setiap umat muslim saling mengucapkan salam. Karena mengucapkan salam termasuk juga menjawabnya memiliki keutamaan dan keberkahan.

Banyak sekali dalil dari hadis yang menjelaskan mengenai keutamaan menyebarkan salam. Dan beberapa diantaranya adalah seperti yang di bawah ini:

Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Iblis menangis ketika orang mukmin mengucap salam. Dia berkata, “Aduh celaka, tidak akan berpisah kedua orang mukmin ini sehingga diampuni dosa mereka.”

Para ulama berkata bahwa penghormatan orang-orang Nashrani adalah meletakkan tangan di mulut, penghormaktan orang-orang Yahudi adalah isyarat dengan jari, penghomatan orang Majusi adalah membungkuk, penghormatan bangsa Arab adalah kata ‘hayya kallaahu’, sedang penghormatan orang-orang islam ialah kata ‘Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu’, ini adalah penghormatan yang paling mulia.

Dari Amran bin Al Husain, ada seorang laki-laki datang menghadap Nabi Muhammad dan berkata, “Assalaamu ‘alaikum.” Beliau menjawab dan bersabda, “Engkau mendapat sepuluh kebaikan.” Lalu datang orang kedua dan berkata, “Asslaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi.” Beliau menjawab salamnya dan bersabda, “Engkau mendapat dua puluh kebaikan.” Datang pula orang ketiga dan berkata, “Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu.” Beliau menjawab salamnya dan berkata, “Engkau mendapat tiga puluh kebaikan.” Kemudian datang lelaki keempat dan berkata, “Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhuu wa magdhfiratuhuu.” Beliau menjawab salamnya dan berkata, “Engkau mendapat empat puluh kebaikan.”

 

Sumber: Durrotun Nasihin