Balasan dari Allah bagi orang yang menyebarkan salam

Bagi orang-orang yang sering menyebarkan salam maka Allah akan memberi ganjaran atau pahala yang luar biasa. Hal ini sudah dijelaskan oleh Rasulullah saw dalam hadis nya di bawah ini:

Diriwayatkan dari Rasulullah saw, beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga terdapat beberapa kamar yang bermacam-macam warnanya. Semuanya dapat dilihat bagian luarnya dari bagian dalamnya dan bagian dalamnya dari bagian luarnya. Di dalamnya terdapat bermacam-macam kenikmatan yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga dan tidak terlintas di hati manusia.”

Mereka bertanya, “Untuk siapakah kamar-kamar itu, Ya Rasulullah?”

Nabi Muhammad menjawab, “Untuk orang yang menyi’arkan salam, memberikan makanan, melanggengkan puasa dan shalat malam ketika manusia-manusia sedang tidur.”

Mereka bertanya lagi, “Siapakah yang mampu mengerjakan semua itu, Ya Rasulullah?”

Nabi Muhammad bersabda, “Aku akan menerangkan kepada kamu mengenai hal itu: barang siapa yang berjumpa saudaranya dan mengucapkan salam kepadanya maka benar-benar dia telah menyi’arkan salam. Barang siapa yang memberi makan istri dan keluarganya dengan makanan sehingga dia membuat mereka kenyang maka benar-benar dia telah memberi makan. Barang siapa yang berpuasa di bulan ramadhan dan enam hari pada bulan syawal maka benar-benar dia telah melanggengkan puasa. Dan barang siapa yang mengerjakan shalat isya’ yang akhir (dua isya’ adalah maghrib dan isya’) dan shalat pagi (subuh) dengan berjamaah maka benar-benar dia telah mengerjakan shalat malam pada saat manusia tidur.” Manusia itu adalah orang-orang Yahudi, Nashrani dan Majusi.

 

Sumber: Durrotun Nasihin