Bahaya Minuman Keras atau khamer

Khamer atau minuman keras merupakan minuman berbahaya dan peminumnya akan kehilangan akal sehat, sehingga bisa menyebabkan dia melakukan segala hal yang dilarang Allah. di bawah ini adalah kisah yang diceritakan Nabi Muhammad mengenai seseorang yang durhaka kepada Allah karena meminum khamer.

Diriwayatkan dari Usman bin Affan bahwa dirinya pernah mendengar Nabi Muhammad bersabda, “Jauhilah Khamer, karena sesungguhnya dia adalah pangkal dari semua perbuatan kotor. Sesungguhnya telah terjadi seorang laki-laki dari orang-orang sebelum kamu. Dia ahli beribadah dan menjauhkan diri dari masyarakat. ada seorang perempuan yang jahat terpikat kepadanya, lalu menyuruh pelayannya datang kepada laki-laki itu.

Pelayan itu berkata, ‘Kami mengundangmu untuk keperluan kesaksian.’ Maka masuklah dia dan setelah dia masuk pintu, perempuan itu menguncinya sehingga laki-laki itu tidak dapat keluar. Hingga ketika dia sampai pada perempuan jahat itu yang sedang duduk, sedang di sam[pingnya terdapat seorang anak laki-laki dan segelas khamer.

Berkatalah perempuan itu, ‘Kami tidaklah mengundangmu untuk kesaksian, tetapi aku memanggilmu untuk membunuh anak ini, atau bersetubuh dengan aku atau minum segelas khamer. Jika engkau tidak mau aku akan berteriak karena adanya engkau disini dan aku akan mencemarkanmu.’

Nabi Bersabda, ‘Ketika laki-laki itu mengetahui dia tidak dapat melepaskan diri dari satu diantara tiga hal itu, maka dia berkata, ‘Berilah aku minum segelas khamer.’ Lalu perempuan itu mmeberikan minum segelas khamer dan hilanglah akalnya sehingga dia menyetubuhi perempuan itu dan membunuh anak laki-laki itu pula.

Maka jauhilah khamer, karena tidak akan berkumpul iman dan membiasakan minum khamer di dada seseorang untuk selama-lamanya kecuali satu dari keduanya akan mengusir saingannya.”