Amanat Allah Kepada Manusia

Kita harus menjaga amanah yang dibebankan kepada kita, jangan sampai kita mengkhianati amanah tersebut. Menjaga amanah memang terasa berat, apalagi bila kita dihadapkan pada suatu kondisi yang sulit.

Menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya juga merupakan salah satu bentuk menjalankan amanah yang dibebankan Allah kepada makhluk-Nya. Hal ini sesuai dengan hadis berikut ini.

Nabi Muhammad bersabda, “Allah berfirman kepada Nabi Adam, ‘Sesungguhnya Aku telah menawarkan kepada langit, bumi dan gunung-gunung sebuah amanat, tetapi mereka tidak sanggup menerimanya. Apakah engkau mau menerimanya dengan segala resikonya?’ Adam bertanya, ‘Apakah itu resikonya?’

Allaj berfirman, ‘Jika engkau berbuat baik engkau akan dibalas, tetapi jika engkau berbuat jahat engkau akan disiksa.’

Lalu Adam mau memikulnya dan berfirmanlah Allah, ‘Jika engkau mau memikul amanat itu, maka Aku menolongmu dengan Aku jadikan tutup bagi penglihatanmu. Jika engkau takut melihat sesuatu yang tidak halal bagimu. Pejamkanlah tutup kedua matamu karena takut pada siksa-Ku. Aku juga menjadikan pintu bagi lidahmu yang berdaun pintu dua buah. Jika engkau takut berbicara kotor, maka kuncilah pintu lidahmu itu karena takut siksa-Ku. Aku menjadikan dua buah telinga, jika engkau takut mendengarkan pembicaraan yang tidak halal untuk kau dnegar maka peliharalah kedua telingamu itu dari mendengarkan. Aku menjadikan untuk kemaluanmu sebuah pakaian, jika engkau takut untuk membukanya maka tutuplah kemaluanmu itu dengan pakaian karena takut siksa-Ku. Peliharalh kedua tanganmu dari lubang haram, dan peliharalah kedua kakimu dari berjalan kepada sesuatu yang tidak halal bagimu.”