Kisah Keajaiban Sedekah

Sedekah itu memiliki banyak manfaat, keutamaan dan faidah. Apabila dilakukan dengan ikhlas dan semata-mata hanya mengharapkan ridha Allah swt, maka sedekah itu akan menjadi penolong kita di akhirat.

Di bawah ini ada kisah mengenai keutamaan sedekah.

Diceritakan bahwa pernah terjadi paceklik berat menimpa kaum Bani Israil dalam beberapa tahun yang beruntun. Ada seorang perempuan memiliki sepotong roti. Diletakkannya roti itu pada mulutnya untuk dimakannya. Tiba-tiba datang seorang pengemis di depan pintu dan berkata, “Berilah aku karena Allah, sepotog roti saja.”

Perempuan itu mengeluarkan roti itu dari mulunya dan diserahkannya kepada pengemis tersebut. kemudian dia keluar ke padang belantara untuk menari kayu. Dia mempunyai seorang anak kecil yang diajaknya pula. Datanglah seekor srigala dan menangkap anak kecil itu serta membawanya lari.

Terdengar suara jeritan. Bergegaslah perempuan itu mencari jejak srigala. Lalu Allah mengutus malaikat Jibril dan mengeluarkan anak itu dari mulut srigala. Diserahkannya anak itu pada ibunya dan berkata padanya, “Hai perempuan hamba Allah, puaskah engkau sesuap roti diganti dengan seorang sesuap anak?”

Ada seekor elang datang menghadap kepada Nabi Sulaiman bin Dawud. Berkatalah ia, “Ada seorang laki-laki yang memiliki sebuah poohn dan aku mengerami telurku di atas pohon itu. Tetapi dia mengangkat anak-anakku dibawa pulang.”

Nabi Sulaiman memangil laki-laki pemilik pohon dan melarang perbuatan itu. Berkatalah Nabi Sulaiman kepada dua setan, “Aku memerintahkan engkau berdua, jika datang tahun depan dan laki-laki itu mengambil anak dari burung ini, maka tangkaplah dia dan belahlan dia menjadi dua bagian. Lalu lemparkan sebagian di dunia timur dan sebagian lagi di dunia barat.”

Sedekah

Ketika datang tahun itu pemilik pohon lupa pesan Nabi Sulaiman dan di hendak memanjat pohon. Tetapi sebelumnya dia sempat bersedekah dengan sesuap makanan. Diangkatnya burung itu dan di bawa pulang. Burung elang datang menghadap Nabi Sulaiman dan melaporkan perihal pemilik pohon. Nabi Sulaiman memanggil dua setan dan bermaksud menghukum keduanya.

Nabi Sulaiman berkata, “Mengapa kalian berdua tidak melaksanakan tugas yang aku perintahkan pada engkau berdua?” Mereka menjawab, “Wahai Khalifah Allah, sesungguhnya pemilik pohon ketika hendak memanjat pohon itu kami bermaksud menangkapnya. Tetapi karena dia telah bersedekah kepada seorang laki-laki muslim dengan sepotong roti, maka Allah mengutus dua malaikat dari langit sehingga mereka menangkap kami berdua dan melemparkan kami. Seorang dari kami dilemparkan ke dunia timur dan yang lain dilempar ke dunia barat dan dihalangilah usaha kami untuk mencelakakannya berkat sedekahnya.”