Tuma’ninah dalam shalat

Rukun shalat yang harus dilakukan dengan tuma’ninah

Tuma’ninah adalah sebagai salah satu rukun shalat diantara rukun shalat yang lainnya. Tuma’ninah juga sebagai sarana mencapai tingkat kesempurnaan shalat guna membangkitkan kesadaran diri, bahwa anda sedang berhadapan dengan Zat Yang Maha Kuasa.

Tumaninah dapat dicapai dengan cara rileks dan tidak tergesa gesa dalam melaksanakan gerakan shalat pikiran hanya terpokus pada apa yang sedang dfikerjakanya, Usahakan tubuh anda tidak tegang.

Rukun shalat yang harus dilakukan dengan tuma’ninah ada empat , yaitu:

Ruku’

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah kepada orang yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan shalat, “Kemudian ruku’ lah dalam keadaan tuma’ninah.”

I’tidal

Hal ini berdasarkan hadis

Dari Rifa’ah bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa sesungguhnya Rasulullah bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu hendak mengerjakan shalat maka berwudhulah,” sampai kata beliau, “Kemudian ruku’ lah sehingga dilakukan dengan tuma’ninah dan berdirilah (i’tidal) dengan tuma’ninah.”

Sujud

Rasulullah bersabda, “Kemudian sujudlah sehingga ada dalam keadaan tuma’ninah.

Duduk di antara dua sujud

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Muslim, “Kemudian bangunlah dari sujud hingga kamu duduk dengan tegak”, dalam riwayat lain “hingga kamu duduk dengan tuma’ninah>”