Dasar Kewajiban Shalat

Shalat

Shalat itu diwajibkan kepada orang-orang memiliki kriteria sebagai berikut:

Islam

Orang yang tidak islam tidak diwajibkan shalat.

Baligh

Artinya setelah umurnya dewasa. Bagi anak kecil belum diwajibkan shalat. Tetapi apabila sudah berumur 7 tahun mulai diperintah shalat dan setelah umur 10 tahun harus diberi peringatan keras agar mau shalat.

Berakal

Bagi orang yang mabuk, gila dan sebagainya tidak diwajibkan shalat.

Suci dari haid, nifas, dan wiladah bagi perempuan

Telah sampai dakwah

Artinya telah mendapat ajaran tentang shalat.

Shalat yang wajib dikerjakan itu ialah shalat lima waktu sehari semalam. Shalat merupakan amal yang pertama kali di hisab di akhirat. Dalam Al Qur’an ada kurang lebih 70 kali kata shalat disebut. Begitu pula kata “sembahlah Tuhanmu” banyak kita jumpai di dalam Al Qur’an.

Surat Adz Dzariyat ayat 56, “Tidak Aku ciptkan jin dan manusia, kecuali supaya menyembah kepada-Ku.”

Surat Thaha ayat 14, “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.”

Surat Al Bayyinah ayat 5, “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah memurnikan ketaatan pada-Nya dalam (menjalankan agama dengan lurus), dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus.

Surat Al Baqarah ayat 43, “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat, dan ruku’ lah beserta orang-orang yang sama ruku’.”

Shalat lima waktu

  1. Shalat dhuhur. Waktunya mulai matahari cenderung dari pertengahan langit sampai bayang-bayang sesuatu benda sama panjangnya. Yaitu kira-kira jam 12.00-15.00
  2. Shalat ashar. Waktunya mulai habisnya waktu dhuhur sampai terbenamnya matahari. Yaitu kira-kira jam 15.00-18.00
  3. Shalat maghrib. Waktunya mulai terbenam matahari sampai terbenamnya syafaq (teja) merah. Yaitu kira-kira jam 18.00-19.00
  4. Shalat isya. Waktunya mulai terbenamnya syafaq sampai terbit fajar pagi. Yaitu kira-kira jam 19.00-04.00 pagi.
  5. Shalat subuh. Waktunya mulai terbit fajar pagi sampai terbitnya matahari. Yaitu kira-kira jam 04.00-06.00