Macam-Macam Penyakit Pada Hati

Penyakit hati merupakan suatu penyakit yang sifatnya batiniah (bukan lahiriah), artinya penyakit yang muncul dari dalam hati. Banyak sekali beberapa jenis penyakit hati, beberapa diantaranya adalah yang seperti di bawah ini.

Riya dan Pamer

Riya artinya seseorang yang melakukan amal kebaikan karena manusia bukan karena Allah. dia menuntut dalam hatinya agar amal kebaikannya itu dilihat oleh manusia, supaya mendapat sanjungan.

Riya itu ada dua macam, yaitu yang jelas dan samar. Riya’ jelas tuntutan itu ada pada ibadah dan kebaikannya, sedangkan riya’ samar tuntutan itu bukan dalam ibadah dan bukan kebaikannya, tetapi ia menginginkan agar para manusia itu menampakkan ibadahnya.

ujub dalam ketaatan kepada Allah

yaitu mengagumi amalnya, dengan memandang ibadahnya keluar dari dirinya sendiri tidak merasa dari karunia Allah. seperti seorang ahli ibadah mengagumi ibadahnya, orang alim mengagumi ilmunya, dan orang yang ta’at mengagumi keta’atannya.

Dalam As Suluk ila mulkil Muluk, ujub adalah kesombongan (kebanggaan) yang diperoleh dalam batin dengan khayalan yang sempurna dari amal atau ilmu.

Dendam terhadap hamba Allah

Yaitu merasa ingin membalas secara berlebih-lebihan yang terpendam dalam hati untuk melampiaskan kemarahannya pada orang lain. perbuatan itu keluar dari kedengkian, permusuhan dan memutus hubungan serta mendiamkan sesama.

Nabi Muhammad Saw bersabda, “Tidak boleh bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih tiga hari, maka siapa mendiamkan lebih dari tiga hari lalu dia mati niscaya masuk neraka.”

Rasulullah Saw juga bersabda:

Janganlah kalian saling mendengki, janganlah kalian saling menipu, janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling membelakangi dan janganlah seorang di antara kalian menjual di atas jualan yang lain, dan hendaklah kamu semua menjadi hamba Allah yang bersaudara.