Kalimat talbiyah

Ketika melaksanakan ibadah haji atau umrah, maka kita disunahkan untuk memperbanyak atau selalu mengucapkan kalimat talbiyah.

Adapun kalimat talbiyah tersebut adalah seperti berikut ini:

لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيْكَ. لَبَّيْكَ لاَشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ. اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكُ. لاَشَرِيْكَ لَكَ

Labbaikallaahumma labbaika, labbaika laa syariika laka labbaika, innal hamda wanni’mata laka wal mulku, laa syariika laka.

“Aku ta’ati panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi, aku penuhi, dan tidak ada sekutu bagi-Mu dan aku taat kepada-Mu! Sesungguhnya puji-pujian dan karunia serta kerajaan itu adalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.”

Di dalam ihram haji talbiyahnya disunahkan membaca, “Labbaikallaahumma bihajjatin, labbaika laa syariika laka labbaik” sampai akhir. Jika ihram umrah maka talbiyahnya membaca: Labbaikallaahumma bi ‘umratin labbaika” dan seterusnya. Sedangkan ihram haji dan umrah maka talbiyahnya membaca: Labbaikallaahumma bihajjatin wa ‘umratin labbaika” sampai akhir.

Talbiyah ini jangan dibaca keras, cukup sekedar terdengar dirinya sendiri. Berbeda talbiyah sesudah itu, maka dibaca keras.