Optimis Bahwa Allah Akan Mengampuni Dosa

Allah SWT itu Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Oleh karena itu kita harus optimis dan memiliki harapan yang baik, bahwa kita akan diampuni oleh-Nya. Banyak sekali dalil yang menerangkan tentang ampunan Allah, beberapa diantaranya akan diuraikan di bawah ini.

Imam Turmudzi telah meriwayatkan sebuah hadis Qudsi yang bersumber dari Anas, bahwa Rasulullah telah bersabda:

Hai Ibnu Adam, jika kamu berdoa kepada-Ku dan mengharap rahmat-Ku, Aku akan mengampuni dosamu dan Aku tidak perduli bagaimanapun banyaknya. Hai Ibnu Adam. Seandainya dosamu mencapai awan di langit, kemudian kamu minta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuni dosamu. Hai Ibnu Adam, seandainya kamu datang kepada-Ku, dengan membawa kesalahan sebesar bumi, kemudian kamu menjumpai-Ku, kamu tidak menyekutukan Aku dengan sesuatupun, maka Aku akan datang kepadamu dengan membawa pengampunan sebesar bumi pula.

Imam Ahmad dan Thabrani telah meriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal, bahwa Rasulullah telah bersabda sebagai berikut:

Jika kamu mau, maka akan aku beritahukan tentang apa yang akan difirmankan oleh Allah pertama kalinya pada hari kiamat nanti dan apa yang akan dikatakan oleh orang-orang mukmin kepada Allah pertama kalinya. Sesungguhnya Allah yang Maha Tinggi akan berfirman kepada mereka, “Apakah kamu suka berjumpa dengan Aku?” lalu mereka menjawab, “Ya, wahai Tuhan kami.” Lalu Allah berfirman lagi, “Untuk apa?” jawab mereka, “Kami mengharap pengampunan-Mu.” Lalu Allah berfirman lagi, “Sungguh Aku telah mewajibkan pengampunan dosa untukmu.”

“Wahai Tuhan kamu, sesungguhnya kami mengharapkan pengampunna-Mu (terhadap dosa-dosa kami), ingin bertemu dengan-Mu (dan Engkau menyambutnya dengan baik), kami berlindung dengan keridhaan-Mu dari-Mu dan dengan keselamtan-Mu dari siksaan-Mu.

Wahai Tuhanku, sesungguhnya kami mohon kepada-Mu kelapangan di dunia dan akhirat serta hendaklah Engkau tidak mencabut keimanan dan ilmu yang telah Engkau berikan kepada kami, dan hendaklah Engkau tidak membuat hati kami menyimpang dari (ajaran-Mu), setelah Engkau memberikan petunjuk kepada kami, dan hendaklah Engkau memberikan pertolongan kepada kami untuk berbuat sesuatu yang Engkau cintai dan Engkau ridha padanya, dan hendaklah Engkau tidak menjadikan ilmu kami sebagai hujjah yang membahayakan pada kami.

Kami mohon kepada-Mu, agar Engkau menjadikan kami termasuk orang-orang yang Engkau beri nikmat padanya daripada para Nabi, orang-orang shiddiq, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang yang shalih. Dan hendaklah Engkau memberikan keimanan kepada kami dari ketakutan yang besar di hari kiamat, dan memberikan naungan kepada kami dengan naungan Arsy-Mu di hari tidak ada lagi naungan selain naungan-Mu, dan Engkau masukkan kami ke dalam surga tanpa hisab, dan perkenankan kami untuk melihat wajah-Mu setiap pagi dan sore.