Keutamaan Taat Kepada Ayah dan Ibu

Berbuat baik kepada orang tua merupakan sebuah hal yang utama dan dianjurkan oleh syaria islam. Banyak sekali hadis yang menerangkan tentang keutamaan berbuat baik kepada orang tua. Beberapa diantaranya akan diterangkan di bawah ini:

Sabda Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud sebagai berikut:

Aku bertanya kepada Rasulullah saw, “Amal perbuatan apakah yang lebih disenangi di sisi Allah?” Rasul pun menjawab, “Mengerjakan shalat tepat pada waktunya.”

Aku bertanya lagi, “Lalu apa lagi?” Jawabnya, “Berbakti kepada kedua orang tua.”

Aku bertanya lagi, “Lalu apa lagi?” Jawabnya, “Jihad fisabilillah.”

Abu Ya’la dan Thabrani telah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda sebagai berikut:

Seorang lelaki datang kepada Rasulullah saw dan berkata, “Sesungguhnya aku ingin berjihad, namun tenagaku tidak mampu.”

Rasulullah saw bersabda, “Apakah salah satu diantara kedua orang tuamu masih hidup?” Jawabnya, “Ibuku.”

Rasul bersabda, “Berperanglah untuk Allah dalam memperbaikinya. Jika kamu telah melakukannya, maka kamu bagaikan orang yang haji, umrah, dan orang yang berjihad fisabilillah.”

Ibnu Abbas r.a. telah berkata, “Tidak ada seorang lelaki yang melihat wajah kedua orang tuanya dengan penglihatan penuh kasih sayang, melainkan akan dicata oleh Allah pahalanya haji yang diterima dan mabrur.”

Ibnu Majah, Nasa’i dan Hakim telah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda:

Seorang lelaki datang kepada Rasulullah saw lalu berkata, “Wahai Rasulullah, aku hendak berperang dan aku datang untuk minta pendapatmu.” Lalu Rasulullah saw bersabda, “Adakah ibumu?”

Jawabnya, “Ada.” Maka Rasulullah saw bersabda, “Berbaktilah kepadanya terus menerus, karena sesungguhnya surga berada di bawah telapak kakinya.”

Dalam sebagian riwayat juga diterangkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda:

“Apakah kamu mempunyai orang tua?” aku berkata, “Ya.” Lalu Rasulullah saw bersabda, “Berbaktilah kepada keduanya terus menerus, karena sesungguhnya surga berada di bawah kedua telapak kakinya.”

Demikianlah penjelasan dari kami, semoga uraian singkat di atas dapat bermanfaat bagi kita semua, baik di dunia maupun di akhirat.