Tercelanya Sifat Sombong

Imam Nasa’i dan Turmudzi juga telah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda yang artinya sebagai berikut:

“Orang-orang yang sombong nanti pada hari kiamat akan dihimpun bagaikan semut kecil yang berupa orang lelaki. Mereka terhina di segala tempat, mereka digiring ke duatu penjara di neraka jahanam yang bernama Bolis. Diantara mereka ada yang dibakar dengan api, mereka diberi minum thinatul Khabal, yaitu perasan darah dan nanah dari para ahli neraka.”

Dalam riwayat lain diterangkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda:

“Mereka diberi minuman dari lumpur beracun, yaitu perasan penduduk neraka.”

Abu Syaikh juga telah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda sebagai berikut:

Sejelek-jelek umatku adalah orang yang bangga terhadap ibadahnya, riya’ terhadap amal perbuatannya dan senantiasa berdebat dengan hujahnya. (Ingat) riya’ adalah termasuk perbuatan syirik.

Abu Nu’aim juga telah meriwayatkannya sebagai berikut:

“Barang siapa yang memuji dirinya atas suatu perbuatan yang shalih, maka sungguh tidak mensyukurinya dna musnah pahalanya.”

Dalam sebuah riwayat juga diterangkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda sebagai berikut:

“Sesungguhnya di dalam neraka terdapat beberapa kotak, dimana orang-orang yang sombong akan dimasukkan di dalamnya lalu ditutup rapat atas mereka.”

Dan juga sabdanya sebagai berikut:

“Barang siapa yang senang agar orang-orang berdiri menghormatnya, maka hendaklah ia mempersiapkan tempatnya di dalam neraka.”

Sabdanya pula sebagai berikut:

“Barang siapa yang ingin melihat lelaki dari penduduk neraka maka hendaklah melihat kepala lelaki yang duduk dan di mukanya ada kaum yang sama berdiri.”

Abu Darda juga telah berkata, “Seseorang akan bertambah jauh dari Allah, selama ada orang-orang yang berjalan di belakangnya (ia melarang orang lain berjalan di mukanya).”