Inilah 7 Golongan Yang Akan Dinaungi Allah Pada Hari Kiamat

Keterangan yang diterima dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah saw bersabda:

Tujuh golongan manusia oleh Allah akan diberikan peneduh di bawah ‘arasy-Nya, pada hari dimana tidak ada peneduh kecuali peneduh ‘arasy Allah. Artinya Allah akan menjaga orang-orang di mauqif (kiamat) dari macam-macam hal yang dibenci.

Yang pertama adalah imam yang adil. Imam itu adalah tiap-tiap orang yang mengurus suatu perkara dari macam-macam urusan kaum muslimin. Sebagiannya adalah pemimpin-pemimpin dan hakim-hakim.

Yang kedua adalah pemuda yang tumbuh dengan beribadah kepada Allah swt. maksudnya yang mengawali umurnya dengan ibadah kepada Allah dan terus-terusan ibadah. Mengapa pemuda? Karena di pemuda itu tempatnya syahwat.

Yang ketiga adalah lelaki yang berdzikir kepada Allah dengan lidahnya dan hatinya, sambil menyendiri atau jauh dari orang-orang. Atau menyendiri dari perkara selain Allah swt, kemudian air matanya berurai karena takut kepada Allah swt.

Yang keempat adalah lelaki yang hatinya melekat ke mesjid, dimana-mana keluar dia dari mesjid sampai dia kembali lagi ke mesjid. Intinya hatinya senang sekali dengan mesjid, dan karena istiqamah shalat berjamaah di mesjid.

Yang kelimanya adalah lelaki yang shidqah dengan shidqah sunah, kemudian dia menyamarkan shidqahnya, artinya dia menyembunyikan shidqahnya dari orang lain. Atau dengan kata lain tangan kirinya tidak tahu tentang prkara yang dilakukan oleh tangan kanannya.

Dan yang keenamnya adalah dua lelaki yang saling mencintai  di jalan Allah. Artinya karena mencari keridhaan Allah, bukan perkara dunia. Berkumpul dan berpisah di antara keduanya tetap saling mencintai, hingga mati memisahkan mereka berdua.

Yang ketujuhnya adalah seorang lelaki yang diajak oleh seorang wanita yang sangat cantik untuk melakukan zina, kemudian dia menolaknya dengan lisan dan hatinya sambil melarang ke si wanita untuk dari zina. Kemudian berkata, ‘Sebenar-benarnya aku takut kepada Allah.’

Imam yang adil, orang yang menjauhi zina, pemuda yang rajin beribadah, orang yang shadaqah dengan disembunyikan, orang yang menangis karena takut kepada Allah

Sudah di nadhamkan tujuh golongan di atas oleh Imam Abu Syamah di dalam Bahar Thawil, “Dan berkata Nabi saw, bahwa sebenar-benarnya tujuh golongan manusia akan diberi peneduh oleh Allah Yang Agung dengan peneduh ‘Arasy-Nya. Kesatu yang mencintai sahabatnya, kedua orang yang menjaga dirinya dari maksiyat (zina), ketiga anak muda yang rajin beribadah, keempat orang yang shadaqah dengan disamarkan (disembunyikan), kelima adalah orang yang menangis karena takut kepada Allah, keenam ialah orang yang shalat berjamaah di mesjid, dan yang ketujuh yaitu imam atau pemimpin yang adil.”

 

Sumber: Kitab Nashaihul ‘ibaad karangan Syeikh Muhammad Nawawi bin ‘umar