Ilmu adalah warisan terbaik

Menurut Sayyidina ‘Ali radhiyallaahu ‘anhu wakarrama wajhahu, bahwa ilmu itu adalah warisan terbaik.

Rasulullah saw bersabda: “Kalian semua harus memulyakan ulama, karena sebenar-benarnya ulama itu adalah ahli waris para nabi. Siapa saja yang memulyakan ulama, maka orang itu berarti benar-benar memulyakan Allah, dan kepada Rasul-Nya.” HR Thabrani

Keutamaan adab, taqwa, amal shalih, dan qanaah

Adab merupakan perbuatan atau pekerjaan yang paling baik, sedangkan takwa adalah bekal terbaik untuk di akhirat.

Asalnya takwa adalah menjaga dari perbuatan syirik/menduakan Allah, setelah itu menjaga diri dari berbuat maksiyat dan berbagai macam keburukan, kemudian setelah itu menjaga diri dari berbagai macam perkara syubhat, setelah itu lalu meninggalkan perkara yang berlebihan.

Ibadah adalah puncaknya mengagungkan Allah, itu merupakan harta yang paling bagus.

Yang paling bagus untuk menuntun ke surga adalah amal shalih, dan yang paling bagus untuk menemani adalah kelakuan yang bagus bagi yang memilikinya.baik di dunia maupun di akhirat.

Sedangkan hilmi adalah rintih dalam berbagai perkara. Dan tingkah yang bagus adalah pepatah yang paling baik, maksudnya yang menolong dalam mengurus perkara-perkara.

Qanaah atau ridha terhadap pembagian dari Allah merupakan kekayaan terbaik. Menurut Allah swt, “Siapa saja yang beramal shalih dari laki-laki maupun perempuan, dan mereka adalah yang beriman, maka yakin Aku Yang Agung akan menghidupkan kepada orang tersebut dengan keidupan yang bagus.”

Sebagian besar ahli tafsir mengatakan bahwa hidup bagus di dunia adalah qanaah, dan taufiq untuk tha’at dan dalam tha’at adalan pertolongan yang paling bagus berbagai macam perkara. Dan mati adalah pelajaran adab yang paling bagus, artinya yang mengajari berbagai kebaikan akhlaq.

 

Sumber: Kitab Nashaihul ‘ibaad kar,angan Syeikh Muhammad Nawawi bin ‘umar