Apakah yang disebut wali abdal dan siapa sajakah wali abdal

Keterangan yang diterima dari Syeikh Hasan al Bashari rahimahullah, menurut beliau bahwa apabila tidak ada wali abdal maka tentu akan kosong/kotor bumi dan segala perkara yang ada dibumi.

Rasulullah saw pernah bersabda:

Wali abdal itu adalah 40 orang lelaki, yang 22 orang berada di negara Syam (Syria), dan yang 18 orang berada di negara Irak. Dimana meninggal salah satu dari yang 40 tersebut, maka Allah menggantinya di tempatnya meninggal, artinya Allah menjadikan kembali seorang lelaki menjadi wali sebagai penggantinya. Maka ketika datang perintah dari Allah, dicabutlah ruhnya semua wali abdal tersebut. Maka, pada saat itulah tegak/datang kiamat. HR Imam Hakim

Juga diriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda:

Tidak akan kosong bumi dari 40 orang lelaki yang seperti Nabi Ibrahim kekasih Allah. Maka, dengan sebab 40 orang, diberi minuman orang-orang yang ada di atas bumi. Dan dengan sebab 40 orang itu, diberi pertolongan orang-orang di muka bumi. Tidak semata-mata ada yang meninggal salah seorang dari yang 40 orang tersebut, melainkan Allah akan menggantinya di tempatnya yang meninggal oleh orang yang lainnya. HR Imam Thabrani

Nabi Muhammad saw bersabda:

Tiga macam sifat, apabila terbukti ada sifat tersebut di seseorang, maka orang tersebut merupakan setengah dari wali abdal.

Yang pertama, ridha terhadap qadha, yang kedua sabar dalam menjauhi perkara yang diharamkan Allah. dan yang ketiganya benci dengan dilanggarnya batas-batas dari agama Allah.

 

Sumber: Kitab Nashaihul ‘ibaad karangan Syeikh Muhammad Nawawi bin ‘umar