10 Kekasih iblis dari golongan manusia

Keterangan yang diterima dari Sayyidina Ibnu ‘Abbas r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda pada suatu hari kepada iblis ‘alaihil la’nat:

“Ada berapa kekasih kamu dari golongan umatku?”

Maka iblis menjawab, Ada 10 golongan, yaitu;

  1. Pemimpin yang dhalim kepada rakyatnya.
  2. Orang yang takabur. Rasulullah saw bersabda, “Akan dikumpulkan semua orang takabur di hari kiamat seperti semut, berupa lelaki sambil ditutup orang itu dengan kehinaan dari berbagai tempat, mereka digiring ke penjara di neraka jahanam yang dinamakan penjara bulus, dan diberi minum dengan perasan ahli neraka.” HR Imam Ahmad dan Tirmidzi
  3. Orang kaya yang tidak peduli darimana dia menghasilkan hartanya dan dipakai apa saja untuk membelanjakan hartanya.
  4. Orang ‘alim (yang mengerti agama) yang sering membenarkan pemimpin dalam Rasulullah saw bersabda, “Siapa saja orang yang memberi fatwa serta tidak cocok dengan ‘ilmu, maka orang itu akan dilaknat oleh malaikat langit dan bumi.” HR Imam Ibnu ‘Asakir.
  5. Pedagang yang khianat dalam timbangannya atau takarannya serta yang lainnya.
  6. Orang yang menimbun makanan (spekulasi), dengan cara membeli makanan pokok (misalnya beras) dan makanan yang menjadi pelengkapnya (misalnya daging). Membelinya di waktu mahal (paceklik), kemudian disimpan dengan tujuan disimpannya nanti ketika sangat membutuhkan orang-orang, dengan harga yang lebih Rasulullah saw bersabda, “Siapa saja orang yang menimbun makanan selama 40 hari, maka lepas orang itu dari Allah dan lepas Allah dari orang tersebut.” Nabi saw juga bersabda, “Siapa saja orang yang menimbun makanan orang muslim, maka Allah akan menimpakan kepada orang itu penyakit kusta dan bangkrut usahanya.”
  7. Orang yang berzina (pelacur). Rasulullah saw bersabda, “Harus takut kalian semua terhadap zina, karena sebenar-benarnya dalam perzinahan ada 4 perkara madharat. Pertama bisa menghilangkan cahaya wajah, kedua akan memutus rizki, ketiga membuat Allah membencinya, dan keempat akan membuat langgeng di neraka.” HR Imam Thabrani
  8. Orang yang makan riba. Orang yang memakan riba akan disiksa dari mulai matinya hingga hari kiamat, dan disuruh berenang di lautan yang merah seperti darah. Dia akan dilempari batu lalu dimakan batu tersebut, kemudian seperti itu lagi sampai tiba hari kiamat. Menurut Syeikh Qatadah orang yang memakan riba akan dibangunkan di hari kiamat jadi orang gila.
  9. Orang yang pelit, yang tidak peduli dari mana bisa mengumpulkan hartanya. Rasulullah saw bersabda, “Tidak semata-mata rusak harta di daratan dan di lautan, kecuali dengan mencegah zakat.”
  10. Orang yang meminum arak dan langgeng (terus-terusan). Nabi Muhammad saw bersabda, “Siapa saja orang yang meminum arak maka keluar cahaya iman dari dalam perutnya.” HR Thabrani

 

Sumber: Kitab Nashaihul ‘ibaad karangan Syeikh Muhammad Nawawi bin ‘umar