Hindarilah Makan Berlebihan, Ilmu Yang Tidak Bermanfaat dan Janganlah Tertipu Oleh Harta dan Wanita

Keterangan yang diterima dari Syeikh ‘Abdullah bin al Mubarak radhiyallahu ‘anhu, beliau pernah berkata bahwa sebenar-benarnya ada seorang lelaki ahli hikmah (orang yang mengetahui berbagai macam perkara) yang sudah mengumpulkan berbagai hadist. Lalu lelaki itu memilih sebanyak 40.000 hadist dari berbagai hadist yang dikumpulkannya, kemudian dari 40.000 hadist tersebut dipilih kembali olehnya menjadi 4.000 hadist yang dibersihkan. Setelah itu dari 4.000 hadist itu dipilih kembali sebanyak 400 hadist yang dikeluarkan, lalu dari 400 hadist itu dipilih lagi menjadi 40 hadist yang diagungkan. Dari 40 hadist itu dipilih kembali 4 macam kalimat, maksudnya 4 hadist yang sudah disaring.

Jangan Terlalu Percaya Kepada Wanita

Yang pertama adalah jangan terlalu percaya terhadap seorang perempuan, maksudnya jangan terlalu santai terhadap perempuan, dan jangan terlalu percaya terhadap perempuan dalam tiap-tiap tingkah (perbuatan). Tetapi seorang lelaki haruslah memiliki sifat curiga (cemburu), artinya mencela terhadap perempuan yang bergaul dengan lelaki lainnya. (perempuan yang dimaksud disini adalah istri, sedangkan lelaki adalah suami).

Jangan Tertipu Oleh Harta

Yang kedua adalah kita jangan tertipu oleh harta benda, artinya jangan berprasangka bahwa kita selamat dari kerusakan disebabkan harta, maka kita tidak menjaga dari berbagai macam perkara. Serta kita janganlah terbukti menjadi orang yang terbujuk dengan banyaknya harta, tetapi tidak boleh tidak kita harus berjaga-jaga dan harus ingat ke akhirat.

Mengapa Jangan Makan Terlalu Kenyang

Yang ketiga adalah jangan memuatkan sesuatu perkara ke dalam perut, dimana perut tersebut tidak kuat terhadap perkara tersebut. Dari hadist yang diriwayatkan oleh Imam Daruquthni yang diterima dari Anas, dan riwayat Abu Nu’aim yang diterima dari Sayyidina ‘Ali, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Biangnya (asaln

© 2021 All Rights Reserved. Design & Developed By Besticoder