Ahli Ma’rifat Adalah Yang Memenuhi Janji Allah

Keterangan yang diterima dari Syeikh Dzinnunil Mishrii Radhiyallaahu ‘anhu:

“Orang yang ma’rifat kepada Allah swt adalah orang yang memenuhi janji Allah, dengan cara melaksanakan segala perintah Allah. Dan hatinya orang itu adalah yang cerdas, artinya yang cepat mengerti. Serta amalnya orang itu adalah karena Allah dan bersih, maksudnya yang shalih dan akan bertambah setiap waktu.”

Allah sudah memerintahkan kepada manusia (hamba-Nya) untuk melaksanakan segala perintah-Nya. Karena tidak semata-mata Allah memerintahkan suatu perkara, pasti akan membawa kebaikan, kemanfaatan dan keberkahan bagi hamba-Nya. Baik itu di dunia maupun di akhirat.

Misalnya Allah memerintahkan shalat, ternyata setelah dilakukan penelitian oleh para ahli, banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari gerakan shalat ini. Gerakan shalat banyak membawa faidah dan manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah untuk kesehatan tulang, kesehatan jiwa, kesehatan persendian dan otot, dan lain sebagainya. Selain itu shalat ini merupakan pondasi atau tiangnya agama, jadi sangat penting sekali untuk dilakukan.

Kemudian Allah memerintahkan puasa yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh dan jiwa manusia. Serta masih banyak sekali perintah Allah yang wajib dilaksanakan oleh kita semua.

Orang yang ma’rifat kepada Allah merupakan orang yang cerdas, artinya dia termasuk orang yang cepat mengerti dan paham dalam menerima hal-hal baru atau ilmu yang diberikan oleh Allah.

Ahli ma’rifat melaksanakan amal kebaikan itu adalah karena Allah, bukan untuk selain Allah, tidak ingin dipuji oleh makhluk.

 

Sumber: Kitab Nashaihul ‘ibaad karangan Syeikh Muhammad Nawawi bin ‘umar