Sikap dan Perilaku Orang Beriman Kepada Allah

Orang yang meyakini bahwa sebenar-benarnya Allah swt adalah yang memerintahkan kepada dirinya, maka bakal jujur, artinya bakal melaksanakan perintah-Nya dengan jujur dan benar. Dan sebenar-benarnya orang yang tahu dan memiliki pengertian yang pasti, bahwa sebenar-benarnya segala urusan itu ada dalam kekuasaan Allah, maka akan pasrah seluruh tubuhnya kepada Allah.

Tingkahnya seseorang yang memiliki keyakinan, maksudnya memiliki kepercayaan yang kuat didalam hatinya, sehingga hatinya tenteram. Percaya bahwa sebenar-benarnya Allah memerintahkan kepada ‘abdi-Nya untuk melakukan ibadah kepada Allah swt.

Maka akan jujur meminta kepada Allah swt untuk melaksanakannya, artinya ingin ditolong oleh Allah, diberi kemampuan untuk melaksanakannya, serta dipenuhi oleh rasa menghadap kepada-Nya. Sambil beradab dan mencintai, maksudnya hanya menjadikan hati untuk menghadap dan melaksanakan yang di perintahkan oleh Allah, sehingga tidak melirik ke yang lainnya, maka tidak menggantungkan diri atau berpatokan kepada selain Allah.

Begitu juga orang yang mempunyai keinginan yang pasti, bahwa sebenar-benarnya urusan semuanya ada dalam kehendak Allah swt. maka akan seragam jiwa raganya dengan tawakal kepada Allah.

Allah swt berfirman didalam Al Qur’an: “waman yatawakkal ‘alallaahi fahuwa hasbuhu”, siapa saja orang yang bertawakal kepada Allah swt, maka Allah akan mencukupkan segala kebutuhan orang tersebut.

Setiap orang haruslah berusaha mendapatkan ridha dari Allah swt, agar dirinya bisa bahagia di dunia dan di akhirat.

 

Diambil dari kitab Al Hikam karangan Assyeikh al Imam Ibni ‘Athoillah Assukandari (hikmah kedua ratus lima puluh enam)