Menyayangi Orang Lain dan Semua Makhluk Yang Ada di Bumi

Rasulullah saw bersabda: “Orang-orang yang menyayangi itu bakal disayang oleh Allah, yang memiliki sifat Rahman, dzat yang Maha Bersih dan Maha Tinggi. Kalian harus menyayangi terhadap manusia yang ada di bumi, maka kalian akan disayangi oleh orang yang ada di langit. Tegasnya manusia yang sayang kepada manusia (yang keluar dari ibunya), apakah turunan Nabi Adam atau terhadap hewan-hewan yang tidak diperintah untuk dibunuh (bukan hewan yang madharat), serta yang sunah dibunuhnya (seperti ular dan kalajengking). Yaitu sayang dengan cara membuat kebaikan kepada manusia yang ada di bumi.

Allah yang memiliki sifat Rahman akan memberikan lagi kebaikan kepada tiap-tiap yang menyayangi. Maka harus menyayangi kalian semua kepada orang yang kalian mampu untuk melakukannya (menyayanginya) dari makhluk-makhluk Allah, walaupun tidak berakal. Harus menyayangi dengan welas asih dan harus mendoakan dengan rahmat dan maghfirah. Maka kalian akan disayangi oleh malaikat-malaikat yang ada di langit yang lebih banyak daripada yang ada di bumi.

Dan yang menyayangi itu umum ke semua malaikat yang ada di langit, yang lebih banyak daripada yang ada di bumi.”

Jadi dalam hidup di dunia ini, kita harus menyayangi makhluk-makhluk lain yang ada di bumi. Karena selain manusia, ada makhluk lain seperti hewan. Kita harus memperlakukan mereka (manusia lain) dengan baik dan  jangan mendhaliminya.

Apabila kita berbuat baik kepada sesama manusia atau makhluk lain, maka Allah akan meridhai kita, dan akan memberikan ganjaran.

 

Sumber: Kitab Nashaihul ‘ibaad karangan Syeikh Muhammad Nawawi bin ‘umar