Inilah Golongan Manusia Yang Mengalami Kerugian Di Akhirat

Maa dza wajada man faqadaka wamalladzii faqada man wajadaka laqad khaaba rhadiya duunaka badalan walaqad khasira man baghaa ‘anka mutahawwilan.

Seseorang sudah menemukan yang kehilangan Allah swt, maksudnya orang yang belum mengenal Allah swt menemukan yang bisa menyelamatkan dirinya di akhrat, walaupun memiliki harta sedunia. Dan kehilangan orang yang wushul ke Allah, maksudnya orang yang sudah bisa wushul ke Allah tidak kehilangan suatu perkara yang bisa membuatnya rugi. Maka yakin sekali aka rugi orang yang meridhai selain Allah swt, pengganti Allah swt, dan pindah dari Allah.

Sebenar-benarnya orang yang kehilangan Allah swt, tidak memiliki perkara yang bisa menguntungkan dirinya di akhirat, walaupun mempunyai harta sedunia. Orang yang sudah wushul adalah orang yang sudah sampai kepada puncaknya tujuan.

Selain itu termasuk ke dalam golongan orang yang sangat merugi, orang-orang yang ridha kepada selain Allah, pengganti Allah. dan rugi juga orang yang berusaha atau sudah pindah dari Allah, maksudnya biarpun dibenci oleh Allah, asalkan diridhai dan dicintai oleh sesama manusia.

Didalam hadist diterangkan: “Orang yang mencari keridhaan manusia sambil dibenci (tidak disukai oleh Allah), maka oleh Allah akan dibenci dan akan dihinakan oleh sesama manusia.”

Kesimpulannya adalah bahwa kita hidup di dunia ini harus mencari keridhaan Allah dalam setiap perbuatan kita, jangan sampai melanggar aturan-aturan agama