Inilah Akibat Yang Ditimbulkan Dari Melakukan Dosa Kecil

Keterangan yang diterima dari sebagian hukama, yaitu sebagian auliya bahwa kita jangan menghitung-hitung (menyebut) hina terhadap dosa-dosa kecil. Artinya jangan menghitung (menganggap) kecil terhadap dosa kecil, sebab dosa kecil itu akan membuat cabang atau memunculkan dosa-dosa besar. Dan kadang juga terbukti ketidaksenangan (kebencian) Allah pada dosa-dosa kecil.

Jadi ketika kita melakukan dosa-dosa kecil, kita jangan terlena dan menganggapnya biasa saja dan berkata: “Ah, tenang aja, kan dosa kecil ini.”

Nah hal ini kalau dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kita terbiasa melakukan dosa, dan secara psikologis akan dianggap hal yang biasa saja. Ada peribahasa yang mengatakan kesalahan yang dilakukan secara berulang-ulang akan dianggap sebagai sebuah kebenaran.

Oleh karena itu, ketika kita sudah terlanjur melakukan dosa kecil maka kita harus cepat-cepat memperbaikinya, bertaubat atas apa yang sudah dilakukan (bertaubat dari dosa), menyesal atas dosa yang telah dilakukan, meminta ampun kepada Allah, serta berjanji tidak akan melakukan lagi.

Semua perkara walaupun sedikit atau kecil, tetapi apabila dikumpulkan akan menjadi besar. Bayangkan saja apabila kita selama hidup kita terus-terusan melakukan dosa kecil, tanpa bertaubat dan tanpa perbaikan, maka hasilnya dosa kita itu akan banyak.

Lebih jauhnya lagi adalah ketika kita belum bertaubat sebelum ajal menjemput, dan dosa-dosa kecil itu masih menempel di diri kita, maka kita nantinya termasuk ke dalam orang yang merugi. Karena semuanya akan di hisab oleh Allah swt.

 

Sumber: Kitab Nashaihul ‘ibaad karangan Syeikh Muhammad Nawawi bin ‘umar