Inilah Makna Dekatnya Allah Kepada Manusia

Dekatnya kita kepada Allah adalah buktinya kita mempunyai keyakinan yang kuat menyatakan bahwa dekatnya Allah swt itu dengan dekat ihathah, dan kalau bukan begitu maka darimana pengertian kita terhadap adanya dekatnya Allah.

Dibawah ini akan dijelaskan tentang arti dekatnya makhluk kepada Allah, yang sering disebut qurbul kurmah qurbul ihathah, qurbul masafah.

Yang disebut qurbul karamah yaitu keadaan ‘abdinya Allah yang mempunyai keyakinan yang kuat bahwa Allah itu dekat dengan dekat ihathah, dekatnya Allah dengan pendengaran-Nya dan penglihatan-Nya dan kehendak-Nya.

Jadi yang disebut qurbul ihathah adalah dekatnya Allah swt kepada ‘abdi-Nya dengan pendengaran-Nya, penglihatan-Nya dan kehendak-Nya. Sedangkan yang disebut qurbul masafah maksudnya dekat di jaraknya itu mustahil adanya di Allah swt.

Qurbul karamah merupakan dekatnya ‘abdinya Allah dengan adanya mempunyai keyakinan yang kuat, yang menyatakan dekatnya Allah swt. Maka kalau bukan begitu maksudnya, akan bagaimana lagi, sebab mustahil dekat Allah dalam jaraknya.

 

Diambil dari kitab Al Hikam karangan Assyeikh al Imam Ibni ‘Athoillah Assukandari (hikmah kedua ratus empat)