Apa Yang Dimaksud Qodho dan Qodar

Perjuangan yang benar-benar dengan dibarengi cita-cita yang luhur, yang kencang seperti kencangnya lari kuda. Tidak akan bisa mendobrak ketentuan Allah, yang diserupakan benteng.

Kita jangan berpatokan kepada ‘amal sebab sekencang-kencangnya ‘amal yang dibarengi cita-cita yang tinggi tidak akan bisa merubah irodat nya Allah, tegasnya ketentuan Allah yang diserupakan benteng yang kuat.

Qodar yang ini yaitu ketentuan Allah yang muwafaqoh dengan ilmu nya Allah, yaitu yang  sering di sebut qodho mubarrom. Nah ini tidak akan bisa dirobah oleh keinginan para nabi, para wali dan yang lainnya. Tetapi keinginan (tekad yang kuat) para nabi, wali, orang mukmin yang sholeh ataupu fasik, orang kafir terkadang bisa merobah irodatnya Allah yang tercatat di lauh mahfudz, yang masih direkatkan dengan ilmunya Allah, yaitu yang disebut qodho mu’allaq. Tegasnya catatan takdir Allah di lauh mahfudz itu bisa dirubah, yang perubahannya sering menjadikan amrun khoriqun …………  maka kalau keluar dari para nabi sering disebut mu’jizat, kalau keluar dari para wali sering disebut karomah, kalau keluar dari orang sholih sering disebut ma’unah, kalau keluar dari orang fasik atau kafir sering disebut istidraj.

Dan harus diketahui juga bahwa qodho dan qodar itu wajib diimaninya, yang artinya penentuan dan pelaksanaan. Tegasnya Allah menentukan dengan irodatnya yang disebut qodar, artinya kepastian. Serta melaksanakan dengan sifat qudrot-Nya yang sering disebut qodho, artinya melaksanakan atau yang sering disebut irodat-Nya Allah dengan qodho.

Sedangkan qudrot nya Allah sering disebut qodar, yaitu dengan kekuasaan. Nah dalam hal ini ikhtilaf dalam hal istilahnya antara Imam As’ari dan Imam Maturidi.

Bisa rubahnya qodho mu’allaq yaitu seperti firman Allah yamhulloohu maa yasaau wayustbitu ummulkitab. Tegasnya Allah swt mampu merubah dan menetapkannya ketentuan Allah. Dan catatannya itu ada dalam kekuasaan Allah.

 

 Diambil dari kitab Al Hikam karangan Assyeikh al Imam Ibni ‘Athoillah Assukandari(hikmah ketiga)