Bersahabatlah Dengan Orang-Orang Sholeh

Jangan berteman dengan orang yang kelakuannya/tingkahnya tidak membawa semangat untuk tho’at, serta ucapannya tidak menunjukkan ke kita menuju ridho Allah.

Penjelasan : ada sebagian jalan yang mempermudah ma’rifat ke Allah yaitu harus bersahabat dengan orang yang membawa semangat beribadah. Yaitu orang yang ketika dilihat oleh kita langsung eling/ingat, serta kalau dilihat oleh kita menjadikan/membangunkan tingkah yang baik kita, atau  ketika kita sedang dalam ma’siyat terus ketika melihat orang itu jadi ingin taubat, atau ketika kita sedang dalam tingkah yang bodoh jadi ingin ma’rifat.

Nah orang yang tingkahnya membawa semangat ke kita (mempunyai sifat diatas), tingkahnya membangunkan kita, ucapannya sering ber zikir ke Allah, serta menunjukkan keridhoan Allah, syaratnya ada 4 :

  1. Mempunyai ‘ilmu yang benar, maksudnya adalah ‘ilmu yang bisa melaksanakan pekerjaan tho’at kepada Allah swt.
  2. Harus mempunyai perasaan yang bersih.
  3. Harus mempunyai cita-cita yang luhur, yaitu tertuju kepada Allah.
  4. Harus mempunyai tingkah yang diridhoi Allah yaitu kejujuran.

Kesimpulannya jalan yang bisa mempercepat kita agar ma’rifat kepada Allah adalah harus bersatu/bersahabat dengan orang yang bisa merubah kita dari tingkah yang buruk menjadi bagus, ucapannya menuju ridho Allah. Sehingga ketika bersahabat dengan orang itu kita merasa dituntun menuju Allah.

Carilah orang-orang yang mempunyai sifat seperti diatas, karena mereka pasti akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap kita, serta akan memberi manfaat di dunia dan akhirat.

 

Diambil dari kitab Al Hikam karangan Assyeikh al Imam Ibni ‘Athoillah Assukandari (Hikmah keempat puluh empat)